13/09/16

Tips Belanja Murah di Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo Jogja
Tempat belanja murah di Jogja, termasuk untuk oleh-oleh bagi para sahabat yang sedang berkunjung ke kota budaya ini, adalah Pasar Beringharjo. Biasanya yang paling banyak diburu adalah batik. Termasuk segala pakaian yang bercorak batik, misalnya baju, daster, jarit, dan semacamnya.

Meski pada umumnya harga yang ditawarkan di Pasar Beringharjo memang terkenal murah, berikut adalah tips agar dapat belanja dengan harga lebih murah lagi:

Pertama, menawar separuh harga. Sahabat tidak usah khawatir penjualnya marah karena harga ditawar separuhnya --atau bahkan tidak jarang ada yang nawar di bawah separuhnya sedikit-- karena hal ini sudah biasa terjadi.

Kedua, syukur bila dalam berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Jawa. Misalnya, “Pados daster, Bu…” (Mencari daster, Bu). Setelah ditunjukkan beberapa contoh, lalu bilang, “Niki pinten?” (Maksudnya ini harganya berapa?). Dan seterusnya.

Ketiga, datang di awal atau menjelang tutup. Pasar Beringharjo buka jam sembilan pagi. Bila sahabat datang di awal, bagi kebanyakan penjual ini akan dijadikan sebagai pembuka transaksi agar laris. Maka, penjual ingin agar pembeli pertama tidak gagal. Atau, sahabat dapat membeli ketika akan pasar tutup, yakni sekitar jam setengah empat sore.

Kelima, bila tawar-menawar tidak berhasil, sahabat bisa bilang, “Nggih pun nek mboten angsal” (Ya sudah kalau tidak boleh), lalu melangkah pergi. Jika penjual merasa sudah dapat untung, meski tidak banyak, biasanya akan memanggil dan sepakat dengan harga yang sahabat tawar.

Demikian tips belanja di Pasar Beringharjo agar dapat harga yang lebih murah.

Tidak Hanya Batik

Ohya, sebagai catatan tambahan, di Pasar Beringhajo tentu saja yang dijual tidak hanya batik. Secara umum, barang-barang yang dijual dijual di Pasar Beringharjo adalah:
  • Pakaian, konveksi, kain (batik, kaos, dll)
  • Pakaian pengantin
  • Sepatu, sandal, tas, asesoris
  • Kerajian atau souvenir, termasuk bermacam souvenir untuk resepsi pernikahan
  • Pecah belah dan bermacam peralatan plastik
  • Jajanan dan makanan
  • Bahan makanan, bumbu dapur
  • Rempah-rempah, jamu, gula jawa, dll
  • Emas dan bermacam perhiasan
  • Bahkan suku cadang, onderdil bekas, dll.

Oke, Sob, selamat berbelanja di Pasar Beringharjo.

25 komentar:

  1. Keren tipsnya pak (y)
    tapi kadang kendala saya belum bisa bahasa jawa yang halus pa.. hehe

    Pernah ke pasar ini juga pa, kalau tidak nyari pakaian ya makanan..
    Bukanya setiap hari kan ya pa ?

    Lain kali bisa dicoba nih tipsnya ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih banyak, Mas Andi Nugraha. Hehe, memakai bahasa Jawa yang biasa juga tidak apa-apa kok, Mas, yang penting nadanya yg lembut atau ramah.

      Iya, betul, Mas, Pasar Beringharjo buka setiap hari. Monggo, Mas :)

      Hapus
  2. wah begitu mas ya, cocok ini tips buat ibu n mbak2 yg ingin belanja di sana hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, monggo... silakan dicoba tipsnya. Makasih banyak ya telah singgah kemari.

      Hapus
  3. Patut dicoba nih tips dari kang akhmad yang sudah pernah ke pasar beringharjo muantappp juga kang tipsnya tapi jauh jaraknya tapi tempat saya, gkgkgk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo, Kang Nurul Iman, silakan dicoba tipsnya kalau suatu saat berkunjung ke Jogja.

      Hapus
  4. Pura2 pergi..biasanya itu mujarab pak... Klo saya sblm memutuskan beli di pasar..liat2 harga di t4 lain dulu..perbndingan, biar ndak kepenthung harganya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul skali..
      pura2 pergi, biasanya mujarap. nyebelinnya kadang dah jalan 10 meteran ngarep dipanggil ehh.. nda dipanggil2, apalagi brangnya dah mupeng beud itu.. bisanya gigit jari. hahahhah

      Hapus
    2. Iya, Mbak Sulis Bunda Raka-Alya, ini jurus biasanya mujarab :)

      Nah, itu... Mbak Asriani Amir, kalau dipanggil, repot dah, hehehe...

      Hapus
  5. Aku sering dioleh2in ibuku daster katanya beli di pasar beringharjo murah banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, daster di Pasar Beringharjo murah-murah harganya.

      Hapus
  6. Wah pasar beringharjo kan terkenal ya pak, saya pernah sekali kesana, kalo tipsnya yang no 5, ga cuma di pasar aja pak, mau belanja dimanapun saya sering pake jurus itu hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, Mbak Nadia Meutuah, Pasar Beringharjo memang terkenal, termasuk tujuan wisata belanja. Hehehe, jurus terakhir ya, Mbak :)

      Hapus
  7. wah mantap belajar bisnis dari pak ahmad josh ini bisa praktek hehe, terima kasih pak...

    BalasHapus
  8. Waaah... boleh-boleh nih tipsnya saya gunakan nanti pas ke sana. Saya sering dapet harga mahal, Mas. Suka sirik sama temen-temen yang suka dapet harga lebih murah. Makasih tipsnya, Mas. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh, Mbak Nia Haryanto, silakan dicoba tipsnya, hehe... Semoga dapat belanja dengan harga murah di Pasar Beringharjo :) Sama-sama, Mbak, makasih juga telah berkunjung kemari.

      Hapus
  9. saya baru sekali atau dua kali gitu ke Yogya. InsyaAllah kalo ke Yogya lagi bisa mampir ke pasar ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak Santi Dewi, semoga nanti pas ke Jogja lagi bisa mampir ke Pasar Beringharjo :)

      Hapus
  10. Wah udah lama banget gak ke pasar Beringharjo, disini memang harus pintar nawar yaa, apalagi kalau pakai bahasa Jawa, bisa lebih banyak diskonnya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Mbak Muti Mimut, memang harus pinter nawar kalau ke Pasar Beringharjo, hehehe....

      Hapus
  11. saya pernah kesini dan benar2 memborong daster...hehhehe soalnya bagus2 dan murah2...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak May Sarah, bagus dan murah, ini daya tarik daster di Pasar Beringharjo :)

      Hapus
  12. Makasih tipsnya, pak. Bermanfaat banget buat yang nggak tahu harga pasarannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama ya, Mbak Nur Rochma. Selamat berbelanja di Pasar Beringharjo bila nanti ke Jogja.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...