17/11/16

Es Burjo Madura Cak Efendi yang Enak dan Seger

Semangkuk es burjo yang enak dan seger
Sahabat yang sedang jalan-jalan di Jogja dan ingin yang seger-seger di sore hari, coba deh ke Es Burjo Madura Cak Efendi. Saya sudah mencoba beberapa kali, tetap saja ingin suatu saat beli lagi, karena memang rasanya enak dan seger.

Burjo atau bubur kacang ijo Cak Efendi ini tempatnya di depan Perumahan Purwomartani Baru, Kalasan, Sleman.

Semangkuk burjo Cak Efendi berisi bubur kacang ijo, ketan hitam, roti tawar, lalu disiram dengan air santan yang gurih. Di atas itu semua kemudian diberi es batu yang dipasrah, sedikit sirup, dan susu kental manis. Slurrpp…, menu yang enak dan seger banget, Sob.

Bagi sahabat yang tidak suka es, bisa minta menu yang tanpa es alias yang hangat rasanya. Tentu ini juga cocok bagi yang sedang ingin anget-anget menyehatkan.

Harga seporsi Es Burjo Cak Efendi Rp.5.000 (lima ribu rupiah). Ini harga terbaru atau beberapa hari yang lalu ketika saya ke sana lalu menuliskannya di blog ini sekarang.

Cak Efendi atau lebih sering dipanggil Cak Pendi
Bubur Kacang Ijo Madura Depan Perum Purwomartani Baru

Ancar-Ancar Menuju Lokasi

Apabila sahabat sudah tahu tempat Candi Sambisari atau sedang berwisata di candi yang dahulu pernah tertimbun tanah ini, tinggal ikuti saja jalan ke utara, ketemu Pasar Purwomartani, nah… ke utara sedikit di pinggir jalan, di situlah Burjo Madura Cak Efendi.

Atau bila sahabat sudah tahu Stadion Maguwoharjo, ikuti saja jalan ke timur, ketemu Pemancingan Kadisoka, ke timur sedikit belok ke utara, Pasar Purwomartani, ke utara sedikit sampai dah :) 

Bubur Kacang Ijo Madura Cak Efendi buka di sore hari, ba’da ashar, ya sekitar jam empat gitu dan tutup sampai habis. Biasanya habis isya, atau tidak lama setelah itu, sudah tutup karena habis.

Demikian ya, Sob, semoga info kuliner di Jogja ini bermanfaat bagi kita bersama.

Salam dari Jogja,
Akhmad Muhaimin Azzet

44 komentar:

  1. biasanya kacang hijau disajikan hangat ya, tapi ini dengan es..belum peprnah coba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beli di sini yang hangat juga bisa, Mbak Kania. Beli yang pakai es yang dipasrah juga oke :)

      Hapus
  2. Dilihat dari bentuknya saja sudah ngiler mas. Kapan-kapan saya akan menyempatkan diri untuk mencobanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan, Mas Imron, rasanya memang enak dan segerrr.

      Hapus
  3. waah... saya tuh paling suka makan burjo madura. kalo burjo yg biasa, kurang suka :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasanya memang beda ya, Mbak Santi Dewi, lebih maknyus istilahnya, hehehe.

      Hapus
  4. bubur kacang ijo ples susu jugaaa enak tuh , tapi jangan ples kopii jadi aneh rasanya.. ini pake es yaaa wah belum pernah nyobaa :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mas Andrie, burjo plus susu memang enak, pakai es yang dipasrah lebih segerrr :)

      Hapus
  5. wah masalah basic manusia pak ahmad... pangan hehe... kalo masalah pangan ini bisa dikuasai wah bakal makin banyak pundi" mengalir hehe... sukses buat burjonya pak ahmad...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, Mas Angki, ini yang jual termasuk wali santri TPA Al-Muhtadin. Es burjonya memang enak dan seger. Makasih doanya ya, Mas. Aamiin...

      Hapus
  6. Maaf..keybord hp lg ga beres kayaknya. Bisa dicoba klo pas maen ngetan....makasih infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga papa, Mbak. Pas ke daerah Purwomartani dan sekitarnya ya, Mbak Sulis (Bunda Raka-Alya). Sama-sama...

      Hapus
  7. Baru tahu nih kalau ada es yang namnya BURJO jadi penasaran.sayang sekali tempat nya jauh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, singkatan dari bubur kacang ijo :)

      Hapus
  8. Cocok kalau ngabuburit ya pa, sembari sepedahan terus mampir..hehe
    Selain disitu ada lagi kah pak ?
    Misal cabangnya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah, cocok kalo ngabuburit sambil sepedaan kemari, hehehe...
      Kalo Burjo Cak Efendi hanya di sini, tapi kalo burjo madura yang lainnya banyak kok, Mas Andi, di Jogja.

      Hapus
  9. unik banget, biasa nya burjo cuma dikasih roti tawar aja..jadi penasaran pengen coba :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak Dini Ratnadewi, rasanya lebih lengkap burjonya, ada ketam hitam, roti, es pasrah, sirup, dan susu kental manis.

      Hapus
  10. Penyajiannya beda yaaa ini... Pakai es. Seru kayanya :) suka banget kacang ijooo saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasanya jadi lengkap, Mbak Uci, enak dan segerrr...

      Hapus
  11. makanan istimewa! Dan pastinya tanpa pengawet!..aku suka makan di warung-warung begini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, Mbak Indah Nuria Savitri, istimewa memang, saya juga suka warung seperti ini :)

      Hapus
  12. wah biasanya burjo dihidangkan panas, idenya oke juga ya jadi kaya es campur :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak Lia Lathifa, dengan es pasrah burjo jadi terasa segerrr.

      Hapus
  13. Sweger dan keliatannya enaak... murah pula hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tepat sekali, Mbak Retno Kusumawardani, es burjo yang ini memang sweger dan enak..., murah pula :)

      Hapus
  14. Assallammuallaikum Bang..saya kalau liat Es BurJo bawaanya kepengeenn terusss Bang..hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumusalam wr.wb.
      Monggo lho, Bang Syahran Syah, es burjonya enak dan segerrr :)

      Hapus
  15. Siang-siang baca ini mengapa mendadak jadi haus ya? hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, memang cocok untuk yang lagi haus ya, Mbak Nunung Yuni Anggraeni, hehehe

      Hapus
  16. murah sekali, coba kalau di Bogor sudah 2x lipatnya harganya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak Evrinasp, harganya memang murah; sebagaimana pada umumnya makanan lainnya di Jogja memang rata-rata murah bila dibanding kota yang lain.

      Hapus
  17. Muraahh.. trus baru lihat juga burjo ditaburin es lagi, kalau di sini ga ada campuran apa-apa lagi selain ketan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itulah yang membuat burjo ini terasa seger, Mbak Irly, karena ditaburi es pasrah. Apalagi harganya murah :)

      Hapus
  18. Ngiler baca ini. Burjo dikasih es? Hm, di Depok kayaknya masih belum ada yang dikasih es. Harganya murah banget yaaa. Ya Allah, kangen Yogya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak Pipit Widya, burjo yang dikasih es batu yang dipasrah rasanya lebih segerrr. Monggo, Mbak, ke Jogja :)

      Hapus
  19. seger bgt kayanya... pgn nyoba ih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak salah, Mbak Nathalia DP, es burjo ini memang seger banget.

      Hapus
  20. Ini seger bangettt :3 jadi pengen

    BalasHapus
  21. wah .. kayaknya mantap tu Mas, cocok untuk cuaca panas seperti sekarang ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cocok banget, Mas Ahmad, agar segerrr...

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...