06/11/16

Makan Enak Harga Mahasiswa di Warung Pak Warto

Menu yang menggugah selera di Warung Pak Warto
Bagi sebagian mahasiswa UIN, Instiper, UII, Sanata Darma, Atma Jaya, dan lain-lain yang kost di daerah Papringan, Jogja, tentu tidak asing lagi dengan Warung Pak Warto.

Tahun ’90-an ketika saya kuliah di IAIN Sunan Kalijaga, warung ini sudah laris dan jadi langganan mahasiswa. Harganya murah dan rasa masakannya juga enak, alasan inilah yang menjadikan Warung Pak Warto ramai pengunjung.

Demikian pula saat ini, ketika saya sudah lulus kuliah, beberapa kali saya sengaja sarapan atau makan siang di Warung Pak Warto. Selain sayur mayur sebagaimana pada umumnya di warung nasi rames, di sini ada lauk yang khas, yang boleh dibilang hampir selalu ada, yakni teri, cumi-cumi, kerang, dan udang.

Ohya, ada dua macam gorengan yang juga selalu ada di warung ini, bakwan dan tempe yang digoreng dengan baluran tepung. Kedua gorengannya ini enak; bakwannya oke, tempenya kemeriuk.

Harga sekali makan di sini: nasi sayur, lauk, dan minum, tentu tergantung pilihan lauknya. Secara umum, uang Rp.20.000 atau Rp.15.000 masih susuk atau kembali. Apalagi bila uang sedang nipis, cukup nasi, sayur, gorengan, dan segelas es teh, tentu lebih murah harganya. Bila lebih nipis lagi uangnya, minumnya cukup air putih yang tersedia gratis di warung ini.

Sepiring nasi, sayur lodeh daun ketela, lauk telur dadar dan semur jengkol,
lengkap dengan segelas es teh yang menyegarkan

Warung Pak Warto, langganan banyak mahasiswa

Apabila sahabat sedang berkunjung ke Jogja dan ingin makan enak dengan harga mahasiswa, langsung saja ke Warung Pak Warto ini. Tentu saja, yang berkunjung ke warung ini tidak hanya mahasiswa, banyak juga pegawai yang berada tidak jauh dari warung tersebut dan masyarakat sekitar.

Ancar-ancarnya: bangjo kampus UIN, ada jalan ke arah utara (samping KFC) masuk Papringan, lurus saja ke utara, ketemu perempatan kecil, ke utara lagi pelan-pelan di kiri jalan: di situlah Warung Pak Warto.

Demikian ya, Sob, semoga info kuliner Jogja ini bermanfaat bagi kita bersama.

Salam dari Jogja,
Akhmad Muhaimin Azzet

35 komentar:

  1. Masakan warung2 begini yang suka bikin kangen, kalo gw kangen sama warung encik2 tempat gw ngamtor pertama kali dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, Mas Toro, itulah kenapa saya kemudian mendatangi lagi warung tersebut meski sekian tahun telah lulus kuliah, hehe...

      Hapus
    2. Om Cumi pas ke Jogja lewat sini. Lah ini samping kos ku hahahahha

      Hapus
  2. kalo mahasiswa memang mencari tempat makan yang murah meriah ya pak.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak Santi Dewi, apalagi uang sedang menipis. Warung semacam inilah yang berjasa bagi para mahasiswa yang jauh dari rumah :)

      Hapus
  3. Wih murah ya mas, kaau dari tampilannya sekilas saya kira itu rumah masakan Padang. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang termasuk murah, betul... kalau dari penataannya agak mirip rumah makan padang ya :)

      Hapus
  4. nah yg begini masakan rumahan selalu diincar anak kost, apalgi anak mahasiswa dket dgn kampus ya mas..
    harganya lumayan bersahabat jg :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di samping masakah rumahan istilahnya, juga harganya yang bersahabat itu ya, Mbak Rahayu Wiandra :)

      Hapus
  5. Mau nyoba semur jengkolnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo, Mbak Nathalia DP, siiippp itu :D

      Hapus
  6. Wih coba aja adq di Mataram. Warung seperti ini memang incaran mahasiswa mas. Saya paham betul hihi ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, betul sekali ya, Mas Imron, batapa rasanya jadi mahasiswa jauh dari rumah, pas uang menipis lagi, maka harus pinter cari warung murah bila tidak masak sendiri.

      Hapus
  7. Jadi kangen Warteg dekat kostan dulu.. Warung-warung seperti ini nih yang membantu kehidupan Mahasiswa perantau.. Hihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak Irly, warung yang turut juga berjasa bagi mahasiswa dalam menuntut ilmu.

      Hapus
  8. warung langganan mahasiswa seperti ini bakal jadi kenangan... apalagi kalau pas uang jajan tinggal sedikit, dapet nasi sama kuahnya doank udah alhamdulillah hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kok bergetar ya hati ini saat membaca komentar Mbak Orin, "dapet nasi sama kuahnya doank udah alhamdulillah" hehe, soalnya sering ngalami uang nipis, bahkan habis jaman kuliah dulu :)

      Hapus
  9. Tempatnya sederhana ya kang tapi kayaknya masakannya yang mewah deh, ahi hi hi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Kang Nurul Iman, tempatnya sederhana, harganya sederhana, tapi rasanya mewah, hehehe.

      Hapus
  10. Hidup di yogya emang murah banget ya biayanya. Suka amaze denger harga makanan disana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Secara umum untuk kebutuhan-kebutuhan hidup di Jogja memang termasuk murah, Mbak Wian :)

      Hapus
  11. Bikin ngiler menunya...kapan ya bisa ke jogja...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siiippp, Mbak Vety Fakhrudin, semoga suatu saat bisa ke Jogja yaa...

      Hapus
  12. Oh..berarti ini jalan masuknya bisa dari arah gejayan,daerah mrican (jl. Moses ke Timur)..trus ngikut jln kecil itu ktmu nggak Pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, Mbak Sulis (Bunda Raka-Alya), lewat jalan itu terus berbelok-belok akan sampai di warung tersebut. Ga jauh kok, Mbak.

      Hapus
  13. Ini warung samping kos ku hehehhehe. Tiap pagi sarapan di sini. :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ooo, gitu ya, Mas Nasirullah Sitam, saya hanya kadang ke sini karena tempatnya jauh dari rumah saya. Semoga suatu saat kita ketemu di warung ini ya :)

      Hapus
  14. waiki. yg bikin kangen sama jaman mahasiswa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, Mas Hanif Insanwisata, siiiipppp...

      Hapus
  15. wahh makan-makanan kayak gini justru lebih ngangenin. Makan gorengan ama nasi aja pluss sambel udah nikmatnya gak karuan 😁😁.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, betul sekali, lauk tidak harus yang mahal, yang penting murah meriah dan ada sambal :)

      Hapus
  16. surgaaaaa..makanan nikmat, sehat dan muraaaah ya mas. I miss it!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, Mbak Indah Nuria Savitri, warung seperti ini memang nikmat, sehat, dan muraaah :)

      Hapus
  17. Wah kalo di dekat kampus saya ada warung yang juga menyediakan berbagai pilihan makanan dengan harga yang murah. Kalau kisaran harganya sih sekitar 4500 sampai 10000 saja. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap ya, Mas, apalagi kisaran harga sekitar 4.500 sampai 10.000 saja. Tentu ini sangat menolong bagi para mahasiswa, apalagi yang sedang menipis, hehehe...

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...